Keripik kelapa dengan merek Danielle,
produk milik seorang WNI yang telah lama bermukim di Boston, Amerika Serikat
(AS), memenangkan penghargaan Sofi Awards 2012. Anugerah itu diberikan di
pameran makanan terkemuka AS, Fancy Food Show.
"Penghargaan ini diberikan di Fancy Food Show, pameran
makanan tahunan terbesar di AS, kepada produk makanan dan minuman yang paling
menonjol dan inovatif," kata Atase Perdagangan RI di Washington DC, Ni
Made Ayu Marthini, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin
(2/7). Made Marthini mengungkapkan, produk keripik kelapa Danielle
tersebut telah masuk ke jaringan ritel "high-end" ternama seperti Dean
& Deluca.
Selain keripik kelapa, lanjutnya, perusahaan yang menghasilkan Danielle
itu juga memproduksi sebanyak 11 jenis keripik buah dan sayur rendah lemak.
"Selain keripik kelapa, produk beras organik 'volcanic rice' asal
Indonesia yang dijual perusahaan AS, Lotus Foods, juga masuk sebagai
finalis," katanya.
Menurut dia, produk beras organik tersebut bersaing dengan produk
berkualitas lainnya dalam kategori "USDA Organic Product". Menanggapi
hal ini, Made Marthini menyampaikan bahwa produk makanan dan minuman Indonesia
mulai dilihat sebagai produk yang berkualitas tinggi di AS.
"Mudah-mudahan hal ini dapat mengangkat citra positif produk
Indonesia secara keseluruhan, sehingga minat masyarakat internasional terhadap
produk Indonesia juga semakin meningkat," katanya. Para finalis Sofi
Awards dinominasikan oleh panel National Association for the Specialty Food
Trade (NASFT) yang terdiri atas perwakilan para peritel, food service
professionals dan jurnalis.
Pada Sofi Awards 2012, terdapat 35 kategori untuk mendapatkan
penghargaan tertinggi dan bergengsi di bidang makanan dan minuman. Pada Fancy
Food Show ke-58 ini, Indonesia diwakili oleh lima perusahaan makanan dan
minuman, yang terdiri dari Cocomas, Garudafood, Indofood, Pacific Republic dan
PT. Perkebunan Nusantara, serta satu distributor produk makanan dan minuman
Indonesia di Los Angles, yakni Takari.
Keikutsertaan Indonesia tersebut dapat terlaksana berkat kerja
sama antara Atase Perdagangan Indonesia di Washington DC, Indonesian Trade
Promotion Center (ITPC) Chicago dan ITPC Los Angeles.