Facebook kabarnya
tengah menguji fitur tombol baru bernama 'Want'. Tombol ini mirip
seperti 'Like' yang sudah ada, namun fungsinya sepertinya akan lebih
diarahkan untuk sebuah produk.
Dikutip dari Inside Facebook, informasi ini diketahui setelah salah
seorang developer Facebook bernama Tom Waddington tidak sengaja
menemukan tombol baru tersebut saat melakukan pencarian melalui Javascript SDK
(Software Development Kit) Facebook.
Mengingat tombol tersebut secara publik tidak terdaftar di deretan
social plugin di situs developer Facebook, Waddington menduga fitur tersebut
bekerja pada objek Open Graph yang telah ditandai sebagai 'product.'
Artinya, tombol 'Want' tak sekedar memperlihatkan hal yang disukai si
pengguna seperti pada tombol 'Like', tetapi juga akan digunakan untuk
mengungkapkan keinginan si pengguna yang mengkliknya untuk membeli atau
menggunakan sebuah produk atau layanan.
Tombol 'Want' sepertinya akan dimanfaatkan Facebook untuk
lebih memfasilitasi kepentingan periklanan. Selama ini, tombol 'Like' selain
digunakan untuk menandai situs, komentar, foto atau update status yang disukai.
Namun semakin banyak juga pengguna yang menggunakan tombol 'Like' untuk
menandai brand atau produk yang mereka sukai. Nah, dengan tombol 'Want',
Facebook sepertinya ingin membuat penggunanya secara aktif memperlihatkan
keinginan mereka terhadap suatu produk atau jasa.
Menurut Inside Facebook, tombol 'Want' memungkinkan Facebook
mengumpulkan sejumlah besar data 'keinginan' para penggunanya. Informasi ini
tentunya akan digunakan Facebook dalam persaingan dengan Google dalam mengeruk
pendapatan iklan online.